Minggu, 20 November 2016

Alat Musik Marawis


Marawis merpakan salah satu jenis "band tepuk" dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Pada umumnya alat musik marawis yang biasa digunakan terdiri dari :
  • Marawis
    alat marawisMerupakan gendang kecil berdiameter rata-rata 18 Cm dengan tinggi 10 Cm. Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi, alat ini yang menjadi ciri khas dari musik jenis ini, sehingga musik jenis ini pun disebut dengan Marawis.
     


  • Hajir disebut juga hajir marawis
    Merupakan sebuah Gendang dengan  ukuran rata-rata berdiameter 40 Cm dengan tinggi 40-60 cm,
    Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi sehingga berbentuk mirip sebuah bedug kecil (tabung). Kedua bagian ujungnya ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai selaput / memberan. Adapun kulit binatang yang biasa digunakan adalah kulit kambing atau domba.
     
  • Dumbuk Pinggang dan Dumbuk Batu
    Dumbuk merupakan alat musik sejenis gendang yang berbentuk mirip dandang, Bagian tengah dan kedua ujungnya memliki diameter yang berbeda - beda, diameter terbesar pada ujung yang detutup dengan selaput/membrean dari mika, kemudian disusul bagian ujung yang terbuka, sedangkan pada bagian tengah memiliki diameter terkecil. adapun disebut dumbuk pinggang karena dalam penggunaannya alat ini diletakkan di pinggang.
    dumbuk batu mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar. adapun disebut dumbuk batu karena konon pada awalnya terbuat dari batu.
     
  • Simbal dan Tamborin
    kadang kala musik marawis dilengkapi dengan tamborin atau krecek dan [Symbal] yang berdiameter kecil dimana kedua alat ini digabungkan menjadi satu kesatuan.

SUMBER :  http://rebanamarawis.abatasa.co.id/post/detail/23156/alat-musik-marawis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar